Definisi Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti keluarga, rumah tangga" dan (nomos) yang artinya "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Masalah Pokok Ekonomi
Masalah pokok ekonomi dibagi dua yaitu masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern. Terdapat sub bab dalam masalah-masalah pokok ekonomi tersebut,yaitu:


* Masalah Ekonomi Klasik:
- konsumsi
- distribusi
- produksi

* Masalah Ekonomi Modern:
- Barang apa dan berapa jumlah barang yang harus diproduksi?(What?)
Disini masyarakat harus menentukan barang apa yang akan diproduksi dan menentukan berapa banyak barang yang akan diproduksi sesuai kebutuhan masyarakat.
- Bagaimana cara memproduksi?(How?)
Disini kita harus tahu teknologi atau metode produksi apa yang digunakan untuk memproduksi suatu barang: berapa jumlah tenaga kerja, jenis mesin, serta bahan mentah apa yang akan digunakan.
- Untuk Siapa diproduksi ? (For Whom?)
Disini permasalahannya adalah siapa yang akan melihat barang tersebut dan siapa yang akan menggunakan dan menikmati hasilnya.
Untuk memecahkan masalah-masalah tersebut bisa menggunakan
Bila permintaan terhadap suatu barang naik, maka harga jual barang tersebut akan naik, sehingga penjual mendapatkan untung lebih besar. Produsen akan meningkatkan kapasitas produksi, barang-barang menjadi berlimpah, maka harga barang menjadi turun dan akhirnya produsen menyesuaikan jumlah barang yang diproduksi. Disini terlihat bahwa gerak harga barang bisa menentukan apa dan berapa jumlah barang yang bisa diproduksi.
Barang-barang diproduksi dari beberapa faktor produksi. Apabila salah satu atau lebih faktor produksi mengalami kenaikan harga, maka para produsen cenderung akan menghemat faktor produksi tersebut atau menggunakan faktor produksi yang lain atau substitusi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa gerak harga input mempengaruhi kombinasi yang akan dipakai produsen dalam menjalankan proses produksinya.
Ketika barang hasil produksi itu dijual kepada konsumen, maka konsumen membelinya dengan penghasilannya dari hasil penjualan faktor produksi yang dimilikinya kepada produsen. Sehingga bisa disimpukan bahwa faktor produksi dan harga setiap unitnya mempengaruhi besar kecil penghasilan seseorang.

Macam-Macam Sistem Ekonomi
Ada berbagai macam sistem ekonomi yang berkembang didunia. Namun pada dasarnya kita dapat membaginya menjadi dua yaitu Kapitalisme dan Sosialisme. Pada perkembangannya ketika banyak negara yang merasa kedua sistem tersebut tidak dapat menjawab persoalan-persoalan mereka maka muncul Sistem Ekonomi Campuran.

Sistem Perekonomian Kapitalisme, yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis, semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya. Adapun ciri-ciri sistem perekonomian kapitalisme sebagai berikut :
a) Penjaminan atas hak milik perseorangan
b) Mementingkan diri sendiri (self interest)
c) Pemberian kebebasan penuh
d) Persaingan bebas (free competition)
e) Harga sebagai penentu (price sistem)
f) Peran negara minimal.
Sistem ekonomi ini digawangi oleh Amerika.

Sistem Perekonomian Sosialisme, yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dngan campur tangan pemerintah.Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan ciri-ciri sistem perekonomian sosialisme adalah sebagai berikut :
a) Semua permasalahan ekonomi dipecahkan oleh pemerintah pusat
b) Kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi diatur oleh negara
c) Semua alat produksi dikuasai oleh negara sehingga kepemilikan oleh individu atau pihak swasta tidak diakui.
Sistem ekonomi ini digawangi oleh Rusia.

Sistem Ekonomi Campuran, yaitu merupakan sistem ekonomi yang lahir sebagai alternatif dari sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi pasar. Sistem ekonomi campuran ini mengambil kelebihan dari sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi pasar. Dalam sistem ekonomi campuran, persoalan organisasi ekonomi sebagian dipecahkan melalui mekanisme pasar dan sebagian lagi dipecahkan melalui perencanaan pemerintah pusat. Terdapat beberapa ciri sistem ekonomi campuran, di antaranya sebagai berikut :
a) Hak milik individu atas faktor-faktor produksi diakui, tetapi ada pembetasan dari pemerintah
b) Kebebasan bagi individu untuk berusaha tetap ada sehingga setiap individu memiliki hak untuk mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya
c) Kepentingan umum lebih diutamakan
d) Campur tangan pemerintah dalam perekonomian hanya menyangkut faktor-faktor yang menguasai hajat hidup orang banyak.

referensi:
http://asosiasiguruekonomi.files.wordpress.com/
http://ichdie.blogspot.com/2010/04/case-6-masalah-pokok-ekonomi-menurut.html
Adi Kuswanto, Zuhad Ichyaudin, Pengantar Ekonomi, Penerbit Gunadarma, ed. 1, cet. 5 th 1996.
http://yonazfirnando.blogspot.com/2010/06/ilmu-ekonomi-adalah-ilmu-yang.html
Wiratmo, Masykur,Buku Paket, Pengantar Ekonomi Makro,Gunadarma, Pondok Cina,1994
http://drfadli.blogdetik.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/permintaandanpenawaran2/

Hal - hal Yang Termasuk Teori Ekonomi Pt.1

Posted on

Sunday, April 17, 2011

Category

Leave a Reply