Istilah Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan gabungan tiga unsur pokok, yaitu sistem, informasi, dan geografis.
Dapat diketahui bahwa SIG merupakan suatu sistem yang menekankan pada unsur informasi geografis. Informasi geografis tersebut mengandung pengertian informasi tentang tempat tempat yang berada di permukaan bumi, pengetahuan tentang letak suatu objek di permukaan bumi, dan informasi tentang keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya telah diketahui. .

Pengertian SIG antara lain sebagai berikut:

a. Sistem Informasi Geografis adalah sistem yang berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografi. SIG dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis objek-objek dan fenomena karena lokasi geografi merupakan karakteristik yang penting atau-kritis untuk dianalisis. Oleh karena itu, SIG merupakan sistem komputer yang memiliki empat kemampuan dalam menangani data yang bereferensi geografi, yaitu masukan, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan data), analisis dan manipulasi cara, serta keluaran (Aronaff, 1989).


b. Sistem Informasi Geografis adalah suatu sistem perangkat yang dapat melakukan pengumpulan, penyimpanan, pengambilan kembali, pengubahan (transformasi), dan penayangan (visualisasi) dari data-data keruangan (spasial) untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu (Burrough, 1956).

c. Sistem Informasi Geografis adalah sistem yang berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi (Petrus Paryono).

d. Sistem Informasi Geografis adalah sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang berfungsi untuk akuisisi (perolehan) dan verifikasi, kompilasi, penyimpanan, perubahan dan updating, manajemen dan pertukaran, manipulasi, pemanggilan dan presentasi, serta analisis (Bernhardsen, 1992).

e. Sistem Informasi Geografi adalah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap mencakup metodologi dan teknolog yang diperlukan, yaitu data spasial, perarigkat keras, perangkat lunak, dan struktur organisasi (J. Raper, 1994).

Tumpang susun beberapa peta merupakan tugas terpenting SIG untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan tujuan. Misalnya, untuk memilih jalur jalan dapat dilakukan tumpang susun peta yang terdiri atas peta jenis tanah, peta topografi, peta laju infiltrasi, dan peta tata guna lahan. Tumpang susun beberapa peta tersebut merupakan SIG secara manual. SIG secara manual mempunyai banyak keterbatasan, antara lain sebagai berikut.

1. Memerlukan banyak tenaga dan prosesnya sangat lambat. Hal itu disebabkan dalam proses tumpang susun peta harus dilakukan penyamaan proyeksi dan skala peta. Di samping itu, tumpang susun peta hanya dapat dilakukan atas tiga atau empat lapis, masih ditambah satu peta dasar untuk mencapai akurasi spasial dalam tumpang susun itu.

2. Sulit untuk melakukan penghitungan statistik karena pengukuran luas harus dilakukan secara manual.

3. Tidak sesuai untuk menciptakan kombinasi baru yang rumit dari lapis sebelumnya karena SIG secara manual tidak dilengkapi dengan proses numerik untuk kombinasi lapis.
4. Diperlukan ruang lebih banyak untuk tempat penyimpanan data.

Di dalam upaya menangani informasi-informasi spasial atau yang bereferensi geografi, sejak 1970­an telah dikembangkan suatu SIG otomatis. SIG tersebut antara lain digunakan untuk menangani pengorganisasian data dan informasi, menempatkan informasi pada lokasi tertentu, melakukan komputerisasi, serta memberikan ilustrasi hubungan antara satu objek dan objek lainnya. Oleh karena itu, SIG merupakan suatu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan­-pekerjaan yang berhubungan dengan bidang-bidang spasial, khususnya untuk membuat suatu model data spasial. Hal itu karena SIG mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menggambarkan data-­data spasial dan data-data atributnya.

Melalui penggunaan SIG, modifikasi warna, bentuk, dan ukuran simbol yang diperlukan untuk menggambarkan suatu gejala di permukaan bumi dapat dilakukan secara mudah. Sehubungan dengan itu, SIG dapat digunakan sebagai alat bantu yang sangat menarik dalam meningkatkan pengertian, pemahaman, pembelajaran, dan pendidikan mengenai ide-ide atau konsep-konsep lokasi, ruang, kependudukan, dan. unsur-unsur geografis yang terdapat di permukaan bumi beserta data-data atribut yang menyertainya.

Dikembangkannya SIG menggunakan perangkat komputer mengakibatkan keterbatasan SIG manual dapat diatasi. Kemampuan SIG menggunakan perangkat komputer antara lain sebagai berikut.

1. Penggabungan dua berkas data spasial atau lebih, baik daerah yang berbeda dengan atribut sama maupun daerah dan atribut yang sama sehingga dimungkinkan konversi proteksi, ukuran pixel, kode, dan simbol.

2. Pencuplikan sebagian berkas data spasial, baik dengan cara dibatasi segi empat maupun menutup bagian yang tidak dikehendaki atau batas tak teratur.

3. Mampu melakukan penyuntingan berkas data atribut antara lain meliputi berikut ini:
a. Pengolahan berkas basis data
b. Menayangkan informasi yang dihasilkan sesuai permintaan pengguna.
c. Memungkinkan analisis statistik.
d. Memungkinkan penggunaan basis data SIG.
e. Menyajikan hubungan antarbasis data.

4. Tidak memerlukan banyak tuang untuk penyimpanan data dan pengambilan kembali data dapat dilakttkan secara cepat dan akurat. Ribuan peta topografi dapat disimpan secara digital pada satu komputer.

5. Mampu mengolah sejumlah besar data secara cepat.

Seiring dengan perkembangan komputer, perkembangan SIG juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Peningkatan itu terutama terdorong oleh perkembangan pengindraan jauh, komputer, dan global positioning system (GPS). Perkembangan SIG sangat menarik bagi berbagai pihak untuk keperluan yang sangat beragam. Oleh karena itu, penggunaan SIG mengalami peningkatan yang sangat pesat sejak 1980-an. Peningkatan penggunaan SIG terjadi terutama di negara-negara maju, baik di kalangan militer, pemerintahan, akademis, maupun untuk kepentingan bisnis.

Kita ketahui bahwa salah satu fungsi peta adalah untuk menyimpan data geografis. Pada mulanya data-data geografis tersebut disajikan dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Oleh karena itu, peta dapat dianggap sebagai media yang efektif untuk menyimpan dan menginformasikan data geografis.

Namun, seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi, data-data informasi geografis dapat disimi dan disampaikan dengan menggunakan perangkat komputer. Data-data dalam komputer itu dikenal dengan istilah data digital.


Manfaat dan Penerapan SIG
Seiring dengan kemajuan teknologi, SIG makin banyak digunakan dalam berbagai bidang, antara lain karena berikut ini.
1. SIG dapat digunakan sebagai alat bantu utama yang interaktif dan menarik dalam rangka peningkatan wawasan dan pengetahuan. Namun, yang paling penting adalah peningkatan penibelajaran dan pendidikan bagi usia sekolah, khususnya tentang konsep lokasi, ruang, dan unsur geografis di permukaan bumi.
2. SIG menggunakan data spasial dan data atribut secara terintegrasi sehingga sistemnya memiliki kemampuan analisis spasial dan non-spasial.
3. SIG dapat memisahkan secara tegas antara bentuk tampilan dan data-datanya. Oleh karena itu, SIG memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan dalam berbagai bentuk.
4. SIG secara mudah dapat menghasilkan berbagai peta tematik. Peta-peta tematik tersebut merupakan turunan dari peta-peta lain yang data-datanya telah dimanipulasi.
5. SIG sangat membantu pekerjaan-pekerjaan yang erat hubungannya dengan bidang – bidang spasial.

Demikian adalah sebuah konsep dari SIG, pada postingan berikutnya, akan dijelaskan tentang subsistem dari SIG


Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi

Posted on

Friday, March 8, 2013

Category

,

18 Comments
  1. teryata SIG bisa dengan mudah menghasilkan berbagai peta lainya

    Kunjungi juga Website saya ya https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/uncyber/
    dan Website Universitas saya www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. ini sangat membantu

    kunjungi juga website saya <1511500034@mahasiswa.atmaluhur.ac.id> => https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/istaryani/beranda => http://istaryani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. maantaaap,,, pembahasan yg sangat menarik dan begitu detail

    jangan lupa kunjungi website saya : https://sfasah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. terima kasih min!!!
    atrikelnya sangat membantu bagi saya yang baru belajar mengenai sistem informasi giografis (SIG).
    lanjutkan!!!

    kunjungi web saya https://jmarlinton.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan Website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  6. ARTIKELNYA bermanfaat buat saya yang baru mempelajari gis
    kunjungi juga ya blog saya di link http://bayup.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya di link http://www.atmaluhur.ac.id/
    terimakasihh

    ReplyDelete
  7. Sangat Bagus dan Bermanfaat infomasi dalam artikel ini , selain itu juga bagus untuk referensi untuk artikel saya

    kunjungi juga ya blog saya di link : https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/adityawicaksono/beranda

    ReplyDelete
  8. lengkap banget gan pembahasan tentang SIG .. TERIMAKASIH nambah wawasan nih...

    kunjungi website saya ya: https://tasyans.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  9. artikel nya sangat bagus untuk orang yang mau belajar gis ini sangat berguna
    jangan lupa kunjungi website saya:https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/hafizzul-akbar/beranda

    ReplyDelete
  10. Pembahasan tentang Sistem Informasi Geografi yang menarik ternyata banyak pendapat mengenai
    pengertian Sistem Informasi Geografi ini dan juga banyak komponen yang ada didalamnya.Terima kasih banyak atas pembahasan yang sangat bermanfaat ini semoga anda lebih bersemangat lagi
    dalam memberikan ilmu yang bermanfaat seperti ini dan lainnya sekali lagi terima kasih kak.

    Bila ada waktu jangan lupa kunjungi website saya meong.mahasiswa.atmaluhur.ac.id.
    Dan juga website kampus saya www.atmaluhur.ac.id.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. Sangat berani untuk membaca ini

    kunjungi blog saya https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/bobby-ervandi.beranda dan website kampus kami www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  12. sangat mudah di mengerti, ada nya artikel ini saya bisa tau konsep dasar geografis ..
    terimakasih atas artikelnya ..
    kunjungi juga website :
    https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/armifitra

    ReplyDelete
  13. Judulnya memang Simple Blog..tetapi isinya luarbiasa gan ^_^

    mampir juga ke website saya https://budibailah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Website Kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  14. Artikel diatas merupakan beberapa istilah dalam gis untuk diperintahkan pembaca

    Kungjungi blog kami https//sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/bobby-ervandi.beranda dan website kampus kami www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  15. Terimakasih , artikelnya sangat menarik, sekarang saya sedikit mengerti ttg pengertian dan unsur unsur SIG.

    Kunjungi juga Website saya dan website kampus saya :
    http://www.atmaluhur.ac.id
    https://restuputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  16. terimakasih gan atas artikelnya yang membantu menambah wawasan dalam pengembangan SIG ...
    semoga bermanfaat dan ditunggu next artikelnya...

    jangan lupa Kunjungi website saya https://hafaz.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  17. Mampir jga ke website saya gan, diki-kurniadi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  18. terimakasih atas artikelnya. penjelasannya mudah dipahami, kata-katanya pun jelas sehingga mudah untuk dimengerti.saya jadi tahu tentang konsep dasar SIG tersebut.

    oh iya, kunjungi blog saya https://riaokt.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete