PENGERTIAN METODE ILMIAH
Metode ilmiah Merupakan suatu prosedur (urutan langkah ) yang harus dilakukan untuk melakukan suatu proyek ilmiah. Atau bisa dikatakan metode ilmiah ialah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara matematis berdasarkan bukti fisis.

Pengertian metode ilmiah menurut para  ahli
·         Menurut Almadk (1939),” metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.
·         Sedangkan Ostle (1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi

KARAKTERISTIK METODE ILMIAH
·         Bersifat kritis, analistis, artinya metode menunjukkan adanya proses yang tepat untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan metode untuk pemecahan masalah.
·         Bersifat logis, artinya dapat memberikan argumentasi ilmiah. Kesimpulan yang dibuat secara rasional berdasarkan bukti-bukti yang tersedia
·         Bersifat obyektif, artinya dapat dicontoh oleh ilmuwan lain dalam studi yang sama dengan kondisi yang sama pula.
·         Bersifat konseptual, artinya proses penelitian dijalankan dengan pengembangan konsep dan teori agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.
·         Bersifat empiris, artinya metode yang dipakai didasarkan pada fakta di lapangan.

LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH
1.      Menyusun Rumusan Masalah
2.      Menyusun Kerangka TeoriMenyusun Kerangka Teori
3.      Merumuskan TeoriMerumuskan Teori
4.      Melakukan EksperimenMelakukan Eksperime
5.      Mengolah dan Menganalisis DataMengolah dan Menganalisis Data
6.      Menarik KesimpulanMenarik Kesimpulan
7.      Mempublikasikan HasilMempublikasikan Hasil

Sumber:
http://www.scribd.com/doc/29546069/Langkah-–-Langkah-Metode-Ilmiah

Metode Ilmiah

Posted on

Monday, June 25, 2012

Category

Leave a Reply