BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang Masalah
Sehubungan dengan semakin berkembangnya dunia pemasaran yang menimbulkan semakin tingginya tingkat persaingan antara perusahaan-perusahaan di Indonesia, maka perusahaan-perusahaan tersebut semakin berusaha untuk memperkuat strategi pemasarannya. Salah satu strategi pemasaran tersebut adalah pengiriman informasi dan promosi suatu produk atau program melalui komunikasi SMS kepada pelanggan yang pernah menggunakan produk perusahaan tersebut.
Program pengiriman sms kepada pelanggan sangat efisien dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan telepon genggam sebagai sarana komunikasi, walaupun strategi marketing bisa melalui pengiriman email tapi presentasi pengguna telepon genggam di Indonesia lebih dominan di bandingan dengan pengguna email. Pengiriman sms kepada pelanggan juga bisa menjaga hubung baik antara perusahaan dan pelanggannya, sehingga pelanggan tersebut akan mengunakan produk secara terus-menerus.
Salah satu contoh promosi adalah program diskon, atau penukaran beberapa produk dengan hadiah yang tersedia. Selain untuk promosi perusahaan juga bisa melakukan hubungan baik atau pendekatan kepada pelanggannya dengan mengirimkan SMS selamat ulang tahun di hari ulang tahun pelanggannya, sehingga pelanggan akan merasa diperhatikan oleh perusahaan.
CRM adalah suatu system untuk mengatur dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggannya. Dengan mengunakan CRM (Customer Relationship Management) segala sesuatu yang berhubungan dengan pelanggan dapat terkoordinir dan terpelihara dengan baik. SMS Gateway merupakan salah satu strategi menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang digunakan oleh CRM.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik mengangkat hal tersebut sebagai penulisan ilmiah dengan judul  Aplikasi SMS Gateway Untuk CRM


1.2       Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan di atas, penulis mengambil batasan masalah hanya pada pembuatan program SMS Gateway, bagaimana proses pengiriman SMS secara teknik pemrograman komputer yang akan membantu kinerja dari CRM
Aplikasi SMS yang dibuat hanya untuk mengirimkan SMS. Aplikasi ini dibuat dengan mengunakan bahasa pemograman Borland Delphi 7, MySQL 5.5 sebagai database dan modem Wavecom 1306B.

1.3        Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah membuat program SMS Gateway yang dapat membantu kinerja CRM dari sebuah perusahaan, sebagai sarana untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggannya, sehingga pelanggan akan secara terus-menerus menggunakan produk perusahaan tersebut.
Selain itu juga sebagai sarana informasi dan promosi yang efisien, efektif, tepat, cepat, mudah dan menyenangkan yang diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan sebuah perusahaan.

1.4       Metode Penelitian
Penulisan ilmiah ini disusun secara sistematis berdasarkan tahap-tahap sebagai berikut:
1.      Pengumpulan data / informasi.
2.      Perancangan :       Stuktur navigasi.
                              Peta navigasi.
                              Storyboard.
                              Perancangan tampilan.
3.      Pembuatan aplikasi.
4.      Publikasi aplikasi / upload.

1.4        Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dituliskan mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan dan penulisan, metode penelitian, dan juga tentang sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini, akan dibahas tentang pengenalan dan pengertian sms serta pengenalan program Delphi 7.0 dan database MySQL 5.5.
BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini, akan dibahas tentang rancangan, pembuatan, serta cara penggunaan dari aplikasi.
BAB 4 PENUTUP
Memberikan suatu kesimpulan atau rangkuman dari seluruh bahasan masalah dalam penulisan ilmiah ini


Proposal Penulisan Ilmiah

Posted on

Monday, June 25, 2012

Category

Leave a Reply