Forecasting
Forecasting adalah proses analisis untuk memperkirakan masa depan dengan metode-metode tertentu dan mempertimbangkan segala variabel yang mungkin berpengaruh di dalamnya. Forecasting merupakan suatu estimasi tentang hal-hal yang paling mungkin tejadi di masa mendatang berdasarkan eksplorasi dari masa lalu.
Forecasting juga merupakan bagian dari future research. Forecasting bersifat eksploratif dan berkaitan dengan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Artinya setiap hal yang akan terjadi di masa depan tersebut tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.

Forecasting dengan metode-metodenya akan menghasilkan suatu pemetaan mengenai hal-hal yang paling mungkin terjadi di masa yang akan datang. Kini forecasting telah digunakan pada hampir seluruh disiplin ilmu, termasuk ilmu ekonomi dan seluruh aktifitas di dalamnya. Misalnya dalam kegiatan ekonomi suatu perusahaan, seorang pengambil keputusan akan melakukan eksplorasi dari masa lalu yang kemudian akan digunakan untuk memprediksikan hal-hal yang paling mungkin terjadi di masa depan. Kegiatan tersebut penting karena dapat mengurangi kemungkinan salah (error) dalam pengambilan keputusan.

Business forecasting adalah penerapan forecasting dalam dunia bisnis, dimana seorang individu mencoba mengetahui atau memprediksi hal-hal apa saja yang mungkin akan terjadi di masa depan tanpa mampu mempengaruhinya. Forecasting dalam business forecasting digunakan sebagai kemampuan untuk mengambil keputusan dalam bisnis.

Futurecasting
Seseorang hanya mampu membuat sebuah prediksi yang (hampir) akurat di dalam organisasi dimana dia terlibat secara langsung. Jika forecasting menganalisis berdasarkan data historis, maka futurecasting lebih mengarah pada trend potensial dimasa depan dan pengaruhnya terhadap forecasting.

Futurecasting adalah sebuah estimasi individu tentang bagaimana hendaknya masa depan itu terjadi. Di dalam futurecasting terdapat peran aktif individu melalui proses perencanaan. Seseorang akan melihat masa lalu untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Melalui proses analisa yang logis dari masa lalu, seseorang berusaha untuk mengkondisikan masa depan yang diinginkan. Tentunya dengan mempertimbangkan segala sesuatu yang mungkin dapat terjadi di masa depan, sebab semua estimasi harus mungkin (possible) untuk dilaksanakan.

Dalam business forecasting peran dari futurecasting adalah sebagai acuan bagi bisnis atau visi dan prospek bisnis ke depan, terutama dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan. Bagaimana suatu bisnis itu akan dijalankan, baik atau buruknya masa depan suatu bisnis juga bergantung pada masa depan yang diciptakan oleh organisasi didalamnya.

Futurecasting merupakan bagian dari pemikiran manusia tentang bagaimana seharusnya masa depan itu terjadi, melalui proses forecasting. Namun terdapat perbedaan mendasar antara forecasting dengan futurecasting, yaitu pada ruang lingkupnya. Forecasting mempunyai lingkup yang lebih luas daripada future casting. Menurut kami, didalam forecasting tidak hanya terdiri dari lingkup internal saja tetapi juga lingkup eksternal dari organisasi.

Technology Forecasting
Technology forecasting sesuai dengan namanya, merupakan proses prediksi dengan menggunakan teknologi. Karena tak dapat disangkal lagi bahwa pada saat ini kemajuan teknologi telah mengambil alih hampir seluruh aspek kehidupan dan pekerjaan, tidak terkecuali di dalam forecasting. Teknologi dalam hal ini bisa mencakup bidang informasi dan proses pengolahan data dalam analisis forecasting untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang.

Seperti yang terjadi dalam future economy, kegiatan ekonomi dijalankan dengan basis teknologi sehingga merubah konsep ekonomi menjadi new economy. Sehingga seakan-akan setiap organisasi dalam bisnis harus menanamkan investasi yang cukup besar dalam teknologi informasi. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri, karena pada saat ini teknologi informasi seperti internet telah membawa banyak kemudahan dalam memperoleh informasi. Dalam konteks ini adalah informasi yang dibutuhkan untuk forecasting.

Forecasting akan dilakukan dengan menggabungkan dan mempertimbangkan banyak sumber informasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga hasil yang diperoleh diharapkan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Dengan banyaknya metode analisa forecasting juga tidak memungkinkan bagi seseorang untuk melakukannya secara manual. Disinilah teknologi akan mengambil andil tugas seorang decision maker dalam mempermudah pekerjaannya.

Business forecasting hubungannya dengan technology forecasting adalah penerapan forecasting dalam dunia bisnis yang digabungkan dengan kemajuan teknologi. Technology forecasting merupakan proses didalam prediksi bisnis yang menggunakan teknologi sebagai alat bantu. Misalnya internet, software-software (Crystal Ball, @Risk, Expert Choice ), dan sebagainya yang dapat membantu didalam pengumpulan informasi dan memprediksi kemungkinan dimasa depan secara lebih akurat.


sumber: http://yasinta.wordpress.com/2008/09/16/forecasting-futurecasting-dan-technology-forecasting/

Forecasting, Futurecasting dan Teknologinya

Posted on

Thursday, October 11, 2012

Category

Leave a Reply