Jika perusahaan ingin sukses dengan CRM, mereka harus bersedia untuk mengintegrasikan setiap bagian dari perusahaan mereka yang terhubung ke pelanggan. Ini termasuk proses, teknologi, dan karyawan. Sementara menerapkan CRM dapat mendatangkan sejumlah besar tantangan, dan pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan yang setimpal.
Bisa dikatakan bahwa kemampuan sebuah perusahaan untuk sukses dengan CRM tergantung pada bagaimana mereka menggabungkan teknologi mereka, karyawan, dan proses bisnis. Hal pertama yang saya sampaikan adalah orang-orang, yang dalam hal ini mengacu pada karyawan perusahaan. "Orang" faktor CRM merupakan faktor penting yang sering diabaikan. Itu juga merupakan elemen yang paling sulit untuk berubah ketika perusahaan berupaya untuk memanfaatkan sistem CRM.

Ketika hubungan pelanggan sistem manajemen diperkenalkan kepada perusahaan, sejumlah perubahan akan terjadi pada bagaimana karyawan harus melakukan pekerjaan mereka. Karyawan yang tidak melihat kebutuhan untuk menggunakan sistem akan enggan untuk berubah, dan ini pada akhirnya dapat menyebabkan program gagal. Banyak eksekutif dalam perusahaan akan memutuskan untuk menggunakan sistem CRM tanpa tanpa mempertimbangkan kebutuhan para pekerja mereka. Ini adalah kesalahan besar, karena CEO akan lebih dari mungkin untuk tidak memakai system CRM setelah diimplementasikan. Karyawan yang seharusnya mengubah gaya kerja mereka, dan jika mereka enggan untuk melakukannya, hal ini dapat menyebabkan sejumlah besar masalah dalam organisasi.
Bodoh untuk menganggap bahwa "karyawan yang tidak menerima sistem, bisa diganti." Mengganti karyawan yang ada akan memerlukan perusahaan untuk melatih pekerja baru, dan mereka bisa kehilangan lebih banyak dalam waktu yang panjang. Keputusan untuk menerapkan sistem CRM tidak bisa hanya diserahkan ke tangan beberapa eksekutif perusahaan. Keputusan harus diberikan kepada orang-orang yang akan menggunakannya. Jika eksekutif perusahaan memutuskan mereka ingin menggunakan sistem CRM, mereka harus memastikan semua personil mereka sepenuhnya sadar akan perubahan, dan mereka harus memastikan mereka tertarik untuk menggunakan sistem.
Setelah orang (karyawan), penting selanjutnya bagi perusahaan untuk menganalisis proses bisnis mereka. Sementara tahap proses bisni tidak semenantang yang berhubungan dengan "orang",  proses bisnis tidak boleh dianggap enteng. Jika otomatisasi proses CRM tidak benar, perusahaan akan gagal dalam waktu singkat. Sistem antarmuka yang digunakan perusahaan mungkin perlu diganti. Untuk melakukan hal ini secara efisien, perusahaan harus terlebih dahulu mengambil waktu untuk menganalisis seberapa baik proses saat mereka melakukannya. Setelah ini dilakukan, perusahaan dapat memperbaiki masalah yang benar-benar rusak, daripada membuang-buang waktu dan uang untuk hal – hal yang tidak perlu diperbaiki. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa proses baru memiliki kesempatan sukses yang lebih besar ketika mereka didorong dari tingkat internal.
Ketika sebuah perusahaan menganalisis proses bisnis mereka, penting untuk menggunakan pendekatan yang sangat baik. Apakah perusahaan memiliki strategi yang jelas untuk bagaimana mereka akan menerapkan produk, dan apakah mereka tahu bagaimana produk mereka akan digunakan? Apakah setiap proses terhubung ke departemen tertentu, yang akan memungkinkan informasi mengalir dengan lancar? Jika tahap proses bisnis yang ditetapkan berjalan dengan benar, perusahaan harus memiliki prosedur yang didefinisikan dengan baik. Hal ini juga penting untuk memastikan proses ini dilaksanakan dengan cara yang sama, meskipun mungkin yang bertanggung jawab adalah orang yang mengimplementasikannya. Ketika hal ini dilakukan, perusahaan akan sangat memiliki peluang untuk sukses yang menguntungkan mereka.
Faktor ketiga yang harus diperhatikan adalah teknologi. Dalam beberapa hal, teknologi bisa sangat menantang, karena teknologi akan terus maju dengan pesat. Ketika datang ke faktor teknologi dalam CRM, perusahaan akan perlu fokus pada penanganan vendor dan sejalan dengan tren yang terjadi di industri CRM. Sebagian besar vendor CRM hari ini akan memenuhi kebutuhan sebagian besar perusahaan. Meskipun ada banyak perusahaan terkemuka yang tersedia, perusahaan harus memastikan vendor CRM dapat menghasilkan produk-produk yang mereka janjikan. Yang paling penting, produk mereka harus mampu memenuhi kebutuhan perusahaan, dan harus dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka.
Berikut ini adalah beberapa cara mengimplementasikan CRM
1.   Produk (Product)
Merupakan barang fisik ataupun kombinasi keduanya, yang ditawarkan kepada pasar sasaran. Produk merupakan elemen marketing mix yang pertama yang perlu kita ketahui, untuk dapat menyusun proses pemasaran selanjutnya yang sesuai dengan produk tersebut.
          Prinsip pemilihan produk atau jasa, dalam hal ini bila diaplikasikan di Amazon.com adalah:
1.   Kualitas barang/jasa harus baik. Keberadaan produk yang lengkap, dan aktual mempunyai nilai relevansi tinggi.
2.   Cara menggunakan dan memanfaatkan produk tidak rumit.
3.   Barang atau jasa harus mudah dikenal (mudah dilihat) serta mudah dicerna oleh pengetahuan.
4.   Resiko/kerugian ditekan sekecil mungkin.
5.   Berkaitan dengan sesuatu yang telah diakrabi oleh konsumen.
6.   Menciptakan suatu iklim suasana lingkungan yang mendukung kebetahan, kesenangan serta kenyamanan pengunjung mengakses Amazon.com.
2.   Harga (Price)
Harga merupakan sejumlah uang yang harus dikeluarkan pelanggan untuk memperoleh produk hasil perusahaan. Namun yang dimaksud harga di sini bukan uang, melainkan keaktualan koleksi/informasi, relevansi informasi yang dibutuhkan pengguna dengan yang ditawarkan ataupun utility/nilai guna informasi tersebut.

3.   Tempat (Place)
Merupakan perencanaan dan pelaksanaan program penyaluran jasa/produk melalui lokasi layanan yang tepat, pada waktu yang tepat dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pada kegiatan pemasaran jasa informasi perlu diperhatikan lokasi yang strategis, mudah dijangkau oleh semua pihak dalam segala kesempatan; lokasi pemasaran yang berada dipusat lalu lintas dan berbagai penjuru.

4.   Promosi (Promotion)
Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi penyampaian pesan-pesan atau informasi yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.   To inform: memberitahu sesuatu yang tidak tahu sebelumnya dalam hal ini menginformasikan mengenai perusahaan, apa yang dimilikinya, apa yang dapat diberikan perusahaan kepada konsumen. Memberitahukan kepada pengguna informasi yang tepat untuk disuguhkan kepada masyarakat. Hal ini berkaitan erat dengan felt need dan masyarakat pengguna jasa informasi.
2.   To influence: mempengaruhi konsumen agar mereka tidak enggan berkunjung ke situs Amazon.com, tidak enggan menggunakan jasa layanan informasi, merubah image pengguna tentang jasa informasi. Dalam kegiatan mempengaruhi ini perlu usaha dan dalam perusahaan/jasa informasi untuk membuat mereka merasa membutuhkan perusahaan/jasa informasi, perlu juga menonjolkan citra positif dari lembaga kita ke luar.
3.   To persuade: membujuk atau merayu konsumen atau masyarakat untuk melakukan kegiatan pembelian, pencarian informasi dan kegiatan lainnya yang mengakses Amazon.com.

5.   Proses (Process)
Proses merupakan suatu sistematis dimana jasa dan layanan diciptakan dan disampaikan oleh perusahaan kepada konsumen. Proses-proses meliputi prosedur pelayanan, tugas-tugas mekanisme, kegiatan dan rutinitas dimana suatu produk atau jasa perusahaan disampaikan kepada pengguna (user).

6.   Bukti fisik (Phisycal Evidence)
Merupakan tampilan fisik dan penyajian dari perusahaan seperti adanya fasilitas yang tersedia misalnya : gedung yang megah, kenyamanan ruangan atau fasilitas yang bisa dilihat secara jelas atau secara nyata, atau fasilitas-fasilitas lain yang ada dan dipakai untuk berkomunikasi untuk mendukung peran perusahaan.
Bukti fisik dapat membantu positioning suatu perusahaan karena bukti fisik dapat memberikan dukungan nyata terhadap pengamatan jasa yang diharapkan. Karena itu konsumen akan memperhatikan faktor-faktor bukti fisik yang berkaitan dengan pelayanan dan fasilitas yang ada di perusahaan.

7.    Orang (People)
Merupakan orang-orang atau karyawan yang terlibat dalam aktivitas melayani pengguna. Pentingnya orang dalam pemasaran jasa perpustakaan mengarah pada minat yang lebih besar dalam pemasaran internal. Ini menyadari pentingnya menarik, memotivasi, melatih dan mempertahankan kualitas karyawan dengan mengembangkan pekerjaan-pekerjaan untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing secara individu.

Bagaimana Mengimplementasikan CRM Dengan Sukses

Posted on

Sunday, November 18, 2012

Leave a Reply