Sementara CRM adalah alat yang ampuh, banyak perusahaan menemukan bahwa memilih program yang baik adalah tugas yang sulit. Ini telah terjadi terlepas dari industri. Banyak perusahaan menyadari bahwa menyediakan layanan tingkat tinggi kepada mitra dan pelanggan mereka merupakan bagian penting untuk menjadi sukses di pasaran.
Banyak pemilik usaha kecil telah menyadari pentingnya CRM untuk waktu yang lama. Kebanyakan pemilik bisnis kecil menyadari bahwa pelanggan adalah darah kehidupan bisnis mereka, dan mereka bekerja keras untuk menyediakan memberikan konsumen dengan layanan terbaik.
CRM lebih penting untuk perusahaan-perusahaan besar dibandingkan dengan usaha kecil. Alasan saya mengatakan hal ini karena banyak perusahaan besar, cenderung memiliki pelanggan yang besar sehingga sulit bagi mereka untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka. Dalam banyak kasus, baik karyawan dan pelanggan dari sebuah perusahaan dalam perusahaan yang besar akan sering mengeluh bahwa perusahaan "memperlakukan pelanggan seperti nomor." Perusahaan kecil tidak memiliki masalah yang besar dalam hal ini, karena pelanggan mereka akan sering berinteraksi dengan mereka secara individual.
Untuk memilih solusi CRM yang kuat dan baik, perusahaan harus tahu apa yang harus dicari. Pertama, perusahaan harus memahami strategi dan tujuan mereka sendiri. Ketika mereka memahami hal ini, mereka akan dapat memilih alat CRM yang membantu mereka untuk menjadi sukses. Sebuah perusahaan juga harus mencari sebuah program perangkat lunak yang akan memberi mereka fitur berbasis web. Internet menjadi alat global yang digunakan oleh lebih banyak orang, perusahaan yang tidak menggunakannya untuk keuntungan mereka, maka perusahaan tersebut akan tertinggal. Internet harus memainkan peran penting ketika sebuah perusahaan mencari solusi yang kuat. Hal ini juga penting bagi perusahaan untuk membuat anggaran sistem. Mereka harus membeli program CRM yang berada dalam kisaran harga mereka. Merupakan ide yang buruk untuk menghabiskan terlalu banyak uang dalam menerapkan sistem, dan bisa menjadi kesalahan besar untuk menghabiskan terlalu sedikit uang dalam pembuatannya.
Sebuah perusahaan harus memilih sistem CRM yang akan mampu beradaptasi dengan perubahan system yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Alat CRM terbaik adalah mereka yang dapat digunakan dalam waktu singkat. Beberapa usaha mampu untuk menunggu waktu yang lama sebelum mereka dapat menerapkan sistem mereka. Semakin cepat sistem ini diterapkan, semakin cepat perusahaan dapat meningkatkan baik kualitas dan keuntungan. Seperti produk apapun, perusahaan akan ingin melihat reputasi vendor.
Tidak masuk akal untuk membeli produk dari sebuah perusahaan bila perusahaan tersebut belum mampu membangun reputasi yang solid. Tidak hanya harus menjadi perusahaan yang terkemuka, produk harus handal juga. Ketika sebuah perusahaan mengevaluasi alat CRM, mereka juga harus melihat kegunaannya.
Seberapa mudah sistem untuk digunakan? Apakah itu sesuatu yang dapat dipelajari karyawan dalam waktu singkat, atau harus dipelajari dengan baik terlebih dahulu oleh karyawan. Alat CRM harus fungsional. Jika tidak, perusahaan akan memiliki waktu sulit menggunakannya dengan sukses, dan uang bisa hilang. Harus ditekankan bahwa seperti produk apapun, solusi CRM tidak sama dengan yang lainnya. Kebutuhan usaha kecil sangatlah berbeda dari sebuah perusahaan besar.
Ketika sebuah perusahaan mengambil alat CRM, mereka harus terlebih dahulu fokus pada tujuan mereka. Jika perusahaan tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan mereka, sangat mungkin bahwa mereka akan membeli alat CRM yang salah, dan ini akan mengakibatkan kegagalan. Hal ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui tujuan dan strategi sebelumnya. Selain memiliki tujuan, perusahaan harus memiliki strategi yang dapat digunakan untuk mencapainya.


sumber : http://www.exforsys.com/tutorials/crm/why-many-crm-projects-fail.html

Mengapa Banyak Proyek CRM yang Gagal?

Posted on

Friday, November 2, 2012

Leave a Reply